Sekilas UPT Perpustakaan Universitas muhammadiyah Bengkulu

UPT Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Bengkulu merupakan Unit Kerja Pendukung yang melaksanakan kegiatan utamanya, yaitu memberikan layanan informasi, serta menyebarluaskan informasi khususnya di bidang sains, teknologi, seni, bisnis dan humaniora untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi sivitas akademika UMB dan pengguna lainnya. Disamping itu juga melakukan pengumpulan dokumentasi kekayaan intelektual sivitas akademika UMB, berupa hasil-hasil penelitian, makalah ilmiah seminar/konferensi/workshop, artikel jurnal Program Studi, serta tesis & disertasi lulusan pascasarjana UMB dalam format cetakan dan digital.
Untuk menjalankan kegiatan utama tersebut di atas, UPT Perpustakaan dipimpin oleh seorang Kepala yang dibantu oleh 2 (dua) orang Kepala Sub Bagian yaitu Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Layanan dan Kepala Sub Bagian Pengelolaan dan Sistem Informasi . Ketiga unsur pimpinan tersebut didukung oleh seluruh staf perpustakaan yang telah diorganisir melalui struktur organisasi mikro (internal) UPT Perpustakaan. Seluruh kegiatan operasional perpustakaan dilaksanakan berdasarkan sistem perpustakaan yang efektif, efisien, dan sesuai standar yang berlaku lingkup nasional. Sistem perpustakaan yang dimaksud adalah sistem informasi perpustakaan terpadu yang mencakup seluruh proses kegiatan operasional perpustakaan, namun juga memudahkan pengguna dalam memperoleh informasi yang diperlukannya.
Strategi yang dijalankan UPT Perpustakaan untuk melaksanakan program kegiatan dirancang sesuai dengan stakeholder yang dilayani. Rancangan strategi dimaksud adalah strategi interaksi dengan institusi di lingkungan (internal) UMB; strategi interaksi dengan institusi luar (eksternal) UMB.