Sejarah Perpustakaan UM Bengkulu

Sejarah Perpustakaan

Sejak berdiri 1970 sampai 1973, FKIS IKIP Muhammadiyah Jakarta cabang Bengkulu memperhatikan perkembangan kebutuhan masyarakat akan keberadaan perguruan tinggi di Bengkulu maka pimpinan FKIS IKIP Muhammadiyah Jakarta cabang Bengkulu khususnya dan warga Muhammadiyah Bengkulu pada umumnya berkeinginan untuk mendirikan perguruan tinggi Muhammadiyah yang mandiri. mempertimbangkan jauhnya jarak antara induk dan cabang, maka pada 1 Juni 1973 FKIS IKIP dikembangkan menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bengkulu, perubahan tersebut ditetapkan dengan Surat Keputusan Majelis Pendidikan dan Pengajaran Pusat No. E-10/180/1973. 

Dalam perjalanan selanjutnya dari tahun ke tahun perkembangna STKIP Bengkulu, semakin baik, minat dan kepercayaan masyarakat bertambah besar serta keinginan kalangan warga Muhammadiyah untuk berpartisipasi lebih luas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan syiar Islam. Timbulah gagasan untuk mengembangkan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bengkulu menjadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Dalam perjuangan dan rentangan waktu yang panjang, akhirnya Pimpinan Pusat Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah menerbitkan SK Presidium STKIP Muhammadiyah Bengkulu No. E-2/053/SK-MPTPP/1991 tanggal 1 November 1990 tentang persiapan berdirinya UMB, pada 20 Juni 1991 perubahan bentuk STKIP Muhammadiyah menjadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0367/0/1991 dan diresmikan oleh Razie Yahya pada 31 Agustus 1991 bersamaan dengan wisuda sarjana terakhir untuk STKIP Muhammadiyah Bengkulu. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu berdiri bersamaan dengan berdirinya Universitas Bengkulu pada tanggal 20 Juni 1991.  

Dalam meningkatkan layanan dan minat baca mahasiwa maka perlu dilakukan peningkatan sarana dan pransarana perpustakaan, UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu awalnya menempati gedung seluas 74 m2 di depan  rektorat lama (sekarang  Penerimaan Mahasiswa Baru). Sejak tanggal 26 Oktober 1996, UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu menempati gedung baru dilantai satu gedung rektorat seluas 250 m2 , tahun 2007 UPT Perpustakaan pindah ke gedung 3 lantai, tahun 2019 UPT Perpustakaan pindah kegedung B lantai dua dan tiga dengan luas 1688 m2 yang terletak di tengah tengah gedung perkuliahan bersama.